Rabu, 30 November 2011

Gingerbread dan Froyo Masih Dominasi Pasar Smartphone Dunia

Gingerbread dan Froyo Masih Dominasi Pasar Smartphone Dunia
Smartphone berbasis Android Gingerbread semakin memenuhi pasar ponsel dunia. Jika sebelumnya smartphone Android Froyo yang menguasai pasar ponsel kini jumlah antara smartphone Android Gingerbread dan Android Froyo semakin tipis.
Tidak dipungkiri pemberitaan iPhone 4S telah memenuhi media online sejak rilisnya Selasa lalu (4 Okt) namun tidak ada alasan bagi Android untuk turun tahta. Bahkan berdasar hasil riset comScore, smartphone bebasis Android semakin mendominasi pasar Amerika dengan peningkatan cukup tajam selama periode tiga bulan (Jun-Aug 2011).
           
 
Kini smartphone Android memang masih didominasi Froyo namun secara perlahan dan pasti Gingerbread terus mengikuti. Saat Ice Cream Sandwich belum juga dirilis oleh Google maka dominasi Gingerbread diperkirakan akan terus menekan laju Froyo.

Froyo telah menjadi OS Android terlaris karena memiliki perubahan besar pada interface dan performa dibanding Android versi sebelumnya. Selanjutnya dengan rilis Gingerbread, pada produsen hardware mulai beralih dan sedikit demi sedikit meninggalkan Froyo. Data terakhir dari situs Android Developer menunjukkan Froyo telah terinstall pada 45,3% dari seluruh smartphone Android yang ada di pasaran. Gingerbread mengikuti di belakangnya dengan 38,7%. Jika dijumlah maka diketahui bahwa 84% smartphone Android telah menjalankan Android versi terbaru. Artinya, smartphone dengan Android versi lama (Cupcake, Donut, Eclair) telah mulai ditinggalkan dan terus menyusut pemakaiannya.
           
 

Sementara itu Ice Cream Sandwich yang akan rilis dalam waktu dekat merupakan platform Android terbaru yang dimaksudkan untuk membawa ponsel dan tablet ke dalam satu versi OS. Namun sepertinya Google dan Samsung mengundur jadwal rilis Android Ice Cream Sandwich dan smartphone yang memperkenalkannya, Galaxy Nexus Prime, sampai waktu yang belum ditentukan.

Tidak menjadi masalah karena jika smartphone Anda kini masih menjalankan Froyo, itu artinya smartphone Anda masih tergolong smartphone Android versi terbaru ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Labels

Blog Archive

Pengikut

Pages

Pages